Chat with us, powered by LiveChat

Robot NASA Penjelajah Mars Sudah Siap, 2020 Meluncur

NASA telah menjadwalkan misi untuk mengeksplorasi planet merah Mars pada 2020 mendatang. Misi ini tidak berawak, namun akan meluncurkan sebuah robot penjelajar bernama 2020 Mars Rover.

Saat ini, melansir rilis pers yang diterbitkan Jet Propulsion Laboratory milik NASA, Rover Mars telah siap, ditandai dengan pemasangan kaki dan roda yang merupakan suspensi mobilitas dari si robot.

NASA juga menyebut bahwa robot ini masih belum sempurna. Masih ada beberapa tahapan penyelesaian lagi. Di antaranya adalah pemasangan lengan robot, pemasangan SuperCam di tiang robot, dan pemasangan sistem pengambilan sampel. Sistem ini berupa 17 motor terpisah yang akan mengumpulkan bebatuan dari tanah Mars, yang akan dibawa ke Bumi untuk diteliti.

Menurut penjelasan NASA, kaki dari robot ini, yang bentuknya mirip seperti velg, terdiri atas tabung titanium yang dibentuk dengan proses yang sama dengan membentuk bingkai sepeda kelas atas. Roda sendiri akan langsung dipasang seketika sebelum berangkat di tahun depan.

Roda ini terdiri dari 6 buah velg yang masing-masing memiliki diameter 52,5 inci, yang terhubung dengan 48 grouser (sistem seperti roda tank), yang memudahkan eprjalanan di pasir lunak maupun batuan keras.

Setiap roda memiliki motor kemudi individual, sehingga memungkinkan robot bisa berputar 360 derajat secara penuh dengan mudah.

Terdapat juga sebuah teknologi bernama “rocker-bogie” yang memudahkan robot untuk menembus medan yang tidak rata. Sistem ini berupa titik pivot yang mampu mempertahankan bobot konstan pada tiap roda, serta mempertahankan kemiringan medan. Hal ini membuat robot tak akan roboh meski di kemiringan 45 derajat.

Robot Mars Rover 2020 akan diluncurkan dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada Juli 2020 mendatang, dan akan mendarat di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021.